Selasa, 14 Agustus 2012

mahluk tuhan paling KEPO


Gw pertama kali denger kata " KEPO " dari mulut seorang jomblo ganteng yang di indikasikan gak tertarik cewek bernama Ruben Wibisana. Cowok bortak  itu lebih dulu mengeluarkan kata "KEPO" bahkan sebelum kata tersebut booming baik didunia maya maupun nyata. masih terekam di memory gw yang jangka pendek ini dialog gw & ruben
gw : ben,, kepo apa sih artinya?
ruben : mau tau banget sih?!
gw : iya lhah gw mau tau!!kalo gamau tau ngapain juga gw nanya sama lo!
ruben : iya mau tau banget
gw : gw nanya artinya ruben!!!!!!!!!!!!! (*tabok)
ruben : iya itu artinya vika..... artinya " mau tau banget"
gw : ooohhhh.,,,, hehe,,, bahasa mana sih?baru denger
ruben : bahasa bojong.
gw : ....... 
(*gak percaya dengan omongannya yg terakhir.. secara ruben selalu jawab semua pertanyaan yang butuh jawaban nama "tempat" , selalu dijawab dengan kata "bojong" ... seperti waktu ada pertanyaan kakek-nenek lo/ ortu lo dari mana??_ yg laen pada jawab "jawa/ padang / betawi. cuma dia yg jawab "dari bojong" )

kemudian gw pun jadi kepo untuk lebih tau secara detail arti kata kepo dengan cara mengkepo-i mbah Google

dari http://kamusslang.com/arti/kepo


1. KEPO
kepo adalah akronim dari Knowing every Particular Object 
adalah sebutan untuk orang yang serba tahu detail dari sesuatu, apapun yang lewat di hadapannya selama itu terlihat oleh matanya walaupun hanya sekelebat

dalam beberapa kasus orang kepo adalah orang yang serba ingin tahu, bisa jadi kayak semacam kecanduan untuk tahu segala hal yang sepele dan itu bisa dia unggulkan sebagai kekuatan orang tsb

hati hati jika berhadapan dengan orang kepo,
hal yang anda sembunyikan tak lama kemudian akan muncul ke permukaan (rahasia yang bocor)

ciri ciri orang kepo :
serba ingin tahu
kadang sok tahu
mempunyai mata yang sangat amat jeli dan tajam
cikal bakal geek (evolusi sebelum orang itu jadi geek)

(di jalan yang ramai dengan orang)
a: "mas resletingnya kebuka, mas coba deh dicek, mas itu resletingnya kebukaaa... MAAAS WOOOOOY !!!"

orang asing: "wtf" (benerin resleting)

c: "kok lu tau sih? kepo ih"

a: " iya dong, tadi beneran resleting yang kebuka iya kan?"

c: "iya deh terserah


2. Berasal dari Bahasa Hokkian
Ke : BertanyaPo (Apo) : Nenek-Nenek. Jadi maksudnya adalah nenek2 yg suka bertanya2.Pingin tau  banget gitu deh.. Contoh dalam percakapan Adalah seperti ini :
A : km lagi dimana? ngapain? sama siapa?
B : kepo banget sihh…

3. KEk POlisi

Kepo itu suatu bahasa gaul yg digunakan untuk mengejek dan saling mengejek, khususnya di situs jejaring sosial sesperti twitter, dan kepo berasal dari kata KEk POlisi, atau kayak polisi, taukan kelakuan polisi kalo kalian berurusan dengannya jd ingin tau semuanya.
a. hei kamu udah punya pacar belum???
b. emang kenapa???
a. nggak tanya aja kalo udah siapa namanya??? rumahnya dimana??? anaknya siapa???? sekolahnya dimana??? tajir nggak??? ganteng nggak tuh???? gantengan dia apa Justin bieber???? bla bla bla bla ...
b. KEPOOOOOO ..... amat sih loh???


4. Stalker

penghalusan dari kata stalk/menguntit via dunia maya
"iya, jadi kan kemaren aku tuh kepoin twitter mantannya gitu ya.."
"sekarang beda tipis ya kepo sama ngestalk"
"..."

buat gw KEPO adalah sifat alami manusia. PASTI ada aja yg manusia pengen tau.. kalau gak punya sifat kepo, penemuan2 dari ilmuwan / pemikir besar dunia gak akan ada. gak akan ada Facebook kalo Mark Elliot Zuckerberg  gak kepo buat bikin software jaringan pertemanan internal di kampusnya. Mahasiswa gak akan dapet nilai tugas kalo gak kepo untuk  sekedar copy paste tugas senior / cari wangsit di mbah Google. Kasus korupsi gak akan terbongkar kalau KPK gak punya sifat dan sikap kepo.
tiap orang sama koq,punya bakat kepo. Yang membedakan adalah tingkat ke-KEPO-annya . 
gw hidup dikelilingi orang-orang kepo. terutama dirumah. semuanya pengen tau banget apapun yang gw kerjain.

1. Babe

  gw gak ada dirumah lewat maghrib. langsung ada sms masuk " kakak di mana?".(* walaupun siangnya gw udah bilang "kakak mau ke rumah temen di .... ")

2. Emak

gw sibuk ngerjain tugas kampus di kamar . tiba2 nyokap nongol di pintu " lagi ngapain kak? ga ada suaranya."

3. Tuyul

tuyul disini bukan dalam makna sebenarnya, tetapi untuk menyingkat kalimat:  " adik kecil cerewet yang amat sangat ingin tau " . yap! adik gw adalah mahluk ter-kepo SEDUNIA. 
Zahra, 9tahun MOST KEPO PEOPLE IN THE WORLD. bakat kepo-nya yg over sudah terlihat dari dia mulai bisa berargumen.
**gw didapur bikin Mie.zahra di depan tv sambil makan. tiba2 nongol didapur
Z : lagi bikin apa kak?
gw : mie.
Z : ooooh... ***masih berdiri samping kompor melototin mie yg lagi gw masak

** gw  baru mandi dan mau pake baju (*baru MAU ya) tiba2 zahra masuk dan guling2 di kasur gw sambil ngoceh2
Z: kakak mau kemana?
gw : gak kemana2.
Z : koq pake baju?
gw : ya masa kakak telanjang. (------___________------')

**hape gw bunyi. ada yg telpon->gw ngobrol bentar->selesai->zahra nangkring dibelakang gw
Z: telpon dari siapa kak?
gw : temen

**hape gw bunyi. ada sms masuk
Z: kak hapenya bunyi. ada sms
gw : *megang hape mau baca sms
Z : .... (*ngeliatin hape gw. berharap kebaca tulisan sms-nya)
gw : (ngelirik sinis..) apa?
Z : gak apa2.. (*melengos)

**gw pake baju rapih-mau keluar rumah - diluar jam2 gw pergi ke kampus
Z : kakak mau pergi?
gw : iya
Z : sama siapa?
gw : sama temen
Z : kemana ?
gw : kemana-mana (*gondok. masa gw jawab mau malem mingguan T___T')
Z : (*nyamperin nyokap dikamar ) ma,,,ma,,, kakak mau pergi kemana sih ma..??

**si pemi dateng ke rumah minjem bahan kuliah (*pemi itu cowok)
Z : itu siapa kak?
gw : temen kakak 
Z : mau ngapain?
gw : pinjem buku

**gw baca novel sambil tiduran-> zahra dateng dan langsung geletakan disamping gw
gw :....
z : baca apa k?
gw : novel
----besoknya gw liat itu anak cekakakan di kamar gw sambil baca novel.

---- nyokap dan bokap masih terbatas pada level "cuma pengen tau" sebagai orang tua. tapi adek gw yg cuma satu-satunya di dunia ini sudah mencapai level " super pengen tau banggggeeeeeeeddh". dan sampai saat ini gw belum ketemu dengan orang yang level ke-KEPO-annya ngalahin Zahra.


0 komentar:

Posting Komentar